Jumat, 19 Juni 2015

Belajar Mandiri di Kidzania


[Catatan Mama Arin]

Sekarang saya tidak heran lagi jika anak berbeda sikap antara di rumah dan di luar rumah, antara berinteraksi dengan anak sebaya atau orang dewasa. Karakter anak beda-beda.

Asaku (sekarang 5 tahun) termasuk suka ngobrol dengan orang lain, dengan catatan....pada mereka yang lebih besar atau orang dewasa. Tapi dia belum mandiri dalam banyak hal. Apa-apa mama. Sedikit-sedikit mama. Saya panik? Enggak tuh.  Saya yakin semua akan mekar pada waktunya.

Bicara soal kemandirian, beberapa waktu lalu saya mengajak Asa ke Kidzania, di Pasific Place Mall Jakarta. Kidzania sebuah wahana rekreasi yang didesain sebagai kota anak-anak. Semua aktivitas dilakukan oleh anak-anak. Ada perkantoran, pabrik, bank, restoran, salon dan banyak lagi. Aktornya ya anak-anak. Di Kidzania orang tua atau pendamping hanya boleh melihat dari balik kaca luar. Dan ini melatih kemandirian anak.

Lihatlah pada foto-foto di bawah ini. Asa maju-mundur memasuki beberapa establisment (sebutan wahana di Kidzania). Asa menukar cek di bank BCA sendiri, ke pabrik Silver Queen sendiri, membersihkan kaca dengan gondola tanpa saya, test kesehatan sendiri, ujian membuat SIM sendiri, bahkan naik bis keliling kota sendiri!  Asa merasa aman dan semakin berani.


Antri di bank. Malu-malu...
Memasuki Pabrik Coklat
Para mama melihat dari luar
Test Kesehatan sebelum menbuat SIM
Wawancara membuat SIM
Membersihjan kaca naik gondola

Liburan ini, mau ah ke Kidzania lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Mommylicious Indonesia. Distributed by: free blogger templates for women best travel blogger theme | best vpn modem best vpn mac os x >